Di era yang serba elektronik saat ini, masyarakat tentunya sangat mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Untuk mencari informasi apapun, seseorang tidak perlu bersusah payah untuk mendatangi sumber informasi yang terkadang jaraknya sangat jauh atau bahkan terkadang kita tidak tahu di manakah kita harus meminta informasi tentang data yang kita butuhkan.
Saat ini, internet sudah merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian masyarakat kita. Bersumber dari internet inilah berbagai kemudahan akan sebuah informasi bisa kita dapatkan. Untuk mendapatkan informasi melalui internet, saat ini bukanlah sesuatu yang sulit. Kita bisa mengakses internet melalui Warung Internet yang telah tumbuh dimana-mana atau dengan berlangganan internet sendiri melalui ISP (Internet Service Provider), bahkan melalui jaringan GPRS yang disediakan oleh semua operator telepon seluler di Indonesia.


Bagaimana Peran Web Site Pemda?
Hampir seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia saat ini telah memiliki Web Site resmi Pemerintah Daerah, misalnya web site Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat bisa diakses melalui alamat www.lampungbarat.go.id.
Sejauh ini, web site pemerintah daerah sebagian besar belum mampu menyampaikan informasi secara komprehensif tentang daerahnya. Pembuatan web site hanya sebatas latah atau ikut-ikutan agar daerahnya dianggap sudah melek IT. Tujuan utama web site Pemerintah Daerah sebagai media informasi Pemerintah Daerah belum berfungsi secara optimal.
Seharusnya, sebagai media resmi Pemerintah Daerah, web site Pemerintah Daerah mampu untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya dan selengkap mungkin tentang Daerahnya. Sehingga dengan demikian, informasi apapun tentang daerah kita mampu untuk diakses dan diketahui oleh masyarakat luas, bukan hanya masyarakat yang berada di daerah yang bersangkutan melainkan masyarakat dunia. Bukankah dengan membuat web site Pemerintah Daerah berarti suatu daerah sudah siap untuk memasuki dunia tanpa batas.
Dalam web site Pemerintah Daerah biasanya terdapat dua macam informasi yang disajikan, yaitu :
1. Informasi yang bersifat statis, yaitu informasi yang tidak akan berubah dalam waktu yang relatif singkat. Informasi yang bersifat statis biasanya paling tidak diperbaharui setahun sekali.
Informasi yang disajikan biasanya merupakan dokumen yang menyangkut perkembangan suatu daerah dalam jangka waktu satu tahun, misalnya data PDRB, IHK maupun Dokumen-dokumen Perencanaan Daerah.
2. Informasi yang bersifat Dinamis, yaitu informasi yang senantiasa harus diperbaharui setiap saat.
Informasi ini biasanya merupakan suatu laporan tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah maupun informasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Agar web site Pemerintah Daerah bisa menjadi media informasi yang yang efektif, tentunya segala seuatu yang berkaitan dengan kelangsungan hidup sebuah web site harus dipenuhi, bukan hanya menghabiskan biaya setiap tahun untuk membayar sewa ISP dan web hosting sedangkan pengelolaanya diabaikan. Sebuah web tentunya harus dikelola oleh orang-orang yang memang memahami tentang hal tersebut dan mampu untuk memenuhi tuntutan terhadap perubahan-perubahan yang harus dilakukan, baik dari segi isi dari web site tersebut maupun kebutuhan lainnya.

2 komentar:

  1. Sebenarnya peran memberikan informasi tidak harus dilakukan oleh pemerintah. Masyarakatpun bisa juga secara mandiri menyebar luaskan mengenai kemajuan daerah Lampung Barat. Misalnya kita bisa bikin blog yang berisi informasi tentang daerah kita. Bagi warga Lampung Barat yang belum punya Blog, silahkan bikin blog gratisdi www.lampungbarat.com.

    BalasHapus
  2. media sai inji lelawa pentingni, kekalau PemDa dapok terus berusaha berinofasi dilom mempromosikon sunyin kekayaan lampung barat lewat berbagai mediani, kenyin mak terlalu banyak sai menyingkapinya "the hidden paradise"

    BalasHapus