Setiap tanggal 14 Februari, masyarakat dunia banyak yang merayakan apa yang mereka sebut Valentine Day atau orang Indonesia mengenalnya sebagai hari kasih sayang. Banyak versi yang menceritakan mengapa setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari Kasih sayang.
Masyarakat Indonesia, entah latah ikut-ikutan atau memang memahami makna dari Valentine Day tersebut banyak juga yang merayakannya dengan cara yang mereka pahami masing-masing sebagai bentuk curahan kasih sayang kepada pasangannya.
Namun demikian, yang terpenting bagi kita adalah pemahaman kita bahwa peringatan hari kasih sayang itu selayaknya tidak hanya sebatas seremonial belaka. Kasih sayang juga jangan diartikan sempit hanya dengan pasangan melainkan kasih sayang kepada seluruh isi bumi ini!

1 komentar:

  1. adanya budaya valentine day di nusantar kita menunjukan terkikisnya budaya budaya nusantara kita yang kini menuju kiblat kebarat-baratan. Dalam konteks inilah identitas budaya daerah menjadi penting untuk lebih dipertahankan sebab membanjirnya budaya luar adalah ancaman besar bagi kultu-kultur budaya lokal yang dengan sedirinya dapat menjadi benalu dalam membeprtahankan eksistensi budaya lokal. Jangan sampai budaya lokal yang sudah melekat erat dinaluri ikut termoderenisasi oleh budaya asing. Keanekaragaman budaya menjadikan suatu yang sangat bernilai ketika di gali, diolah dan dikembangkan akan menjadikan sumangsih untuk eksistensi kultur budaya sebagai mahkota budaya nasional

    BalasHapus