Suoh adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Barat. Kecamatan Suoh merupakan daerah yang terisolir. Untuk menuju Suoh, kita bisa menempuh tiga jalur utama yaitu, melalui Sukabumi, Sekincau atau Wonosobo Tanggamus.




Untuk menuju Suoh diperlukan perjuangan yang sangat berat. Hal ini mengingat jalur yang akan dilalui bukanlah jalan yang layak. Sepanjang jalan yang dilalui adalah tanah Merah atau sisa-sisa batu yang telah tergerus oleh air hujan.
Bila musim hujan, perjuangan menuju Suoh akan lebih sulit lagi. Bagi kendaraan bermotor harus menyiapkan rantai ban agar tidak mudah terpeleset. Kendaraan yang kita gunakan pun haruslah kendaraan yang telah dimodifikasi untuk jalur off road atau kendaraan yang memang diperuntukkan untuk off road.
Meski termasuk kawasan terisolir, Suoh memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Hingga saat ini, Suoh merupakan salah satu lumbung padi Kabupaten Lampung Barat. Demikian juga dengan hasil perkebunan yang berupa kopi dan kakao. Selain itu, Suoh memiliki potensi panas bumi yang sangat besar. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh PT Medco energy.
Suoh juga cocok dijadikan sebagai salah satu daerah wisata. Dengan kondisi saat ini saja sebenarnya bagi pecinta off road sudah merupakan tantangan tersendiri. Di Suoh juga terdapat tiga buah danau yang masih sangat alami, yaitu danau Lebar, danau Asam dan danau Belibis. Uniknya, ketiga danau ini letaknya berdampingan satu sama lain.

3 komentar:

  1. Tapi kalo Q lihat foto2 diatas bagus & harusnya pemerintah tuh harus memperhatikan & Pembangunan secara merata. Pemekaran daerah Lampung bagus Kalo ditunjang dengan pemerintah. Lihat aja Tuh potensi SDAnya sobat Kopi dan Kakao mantap. kalo ingat lampung pasti ingat kopinya ya nggak sob...salam sukses slalu

    BalasHapus
  2. bener itu. soalnya pemerintah lampung barat bagian suoh banyak korupsinya

    BalasHapus
  3. Aturan ada banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dari suoh

    BalasHapus